Mata Uang Kripto: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

By Brisha

Meskipun di Indonesia mata uang kripto tidak dapat dipakai untuk jual beli, namun popularitasnya semakin menanjak saja akhir-akhir ini. Investasi dengan menggunakan uang kripto pun semakin banyak dilirik. Nah, sebelum berinvestasi dengan mata uang kripto, mari kita simak dulu crypto news yang penting untuk diketahui berikut ini.

Apa itu mata uang kripto?

Mata uang kripto disebut juga cryptocurrency. Secara tata bahasa, cryptocurrency berasal dari kata cryptography yang berarti sandi rahasia dan currency yang artinya mata uang. Jadi mata uang kripto merupakan mata uang yang dilindungi atau terenkripsi dengan sandi atau kode tertentu yang akan menjamin keamanannya.

Mata uang kripto merupakan mata uang virtual, jadi tidak ada wujud fisiknya. Kode kriptografi pada mata uang kripto membuatnya lebih aman untuk dimiliki dan tidak dapat dipalsukan.

Cara kerja mata uang kripto

Mata uang kripto bersifat virtual atau digital dan terdesentralisasi dengan teknologi blockchain. Mata uang kripto tidak tergantung pada kurs yang ditentukan oleh bank. Artinya, pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk mengatur nilai mata uang kripto.

Sifat mata uang kripto ini juga yang membuat keberadaannya masih belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah untuk jual beli di Indonesia. Namun mata uang kripto telah dapat dimiliki dan digunakan untuk berinvestasi. Untuk menggunakan uang kripto, pengguna memerlukan dompet digital.

Saat ini telah banyak dompet digital yang memiliki fasilitas mata uang kripto. Dengan dompet digital ini, pengguna dapat melakukan pembelian mata uang kripto atau menerima mata uang kripto dari pihak lain, dan juga dapat mengkonversi mata uang kripto menjadi mata uang biasa yang kemudian dapat ditransfer ke bank atau digunakan untuk transaksi lainnya.

Jenis mata uang kripto

Sebelum membeli mata uang kripto untuk investasi, tentu kita perlu mengetahui apa saja jenis mata uang kripto yang beredar, dan jenis mata uang kripto apa yang terbaik untuk berinvestasi.

Saat ini tak kurang dari 10.000 jenis mata uang kripto telah beredar di pasaran. Masing-masing memiliki nilai dan karakteristik tersendiri. Karena itu, sebelum memulai berinvestasi dengan mata uang kripto, sebaiknya pahami dulu masing-masing jenis dan karakteristik mata uang kripto, sehingga Anda akan mengetahui dengan pasti mata uang kripto apa yang tepat untuk dibeli.

Berikut ini adalah beberapa jenis mata uang kripto yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh pemula untuk investasi:

  • Bitcoin, merupakan mata uang kripto yang pertama dan terbesar di dunia. Bitcoin banyak sekali digunakan untuk investasi dan transaksi di seluruh dunia. Total valuasi pasar Bitcoin di dunia kini mencapai 671,78 juta dolar AS.
  • Ethereum, merupakan mata uang kripto yang banyak digunakan setelah Bitcoin. Namun bedanya jika jumlah Bitcoin terbatas, maka jumlah Ethereum ini tidak dibatasi. Nilai Ethereum saat ini mencapai 2.200 dolar AS tiap kepingnya.
  • Dogecoin, merupakan mata uang kripto yang semakin naik daun. Nilai Dogecoin lebih rendah dari Bitcoin, dan umumnya digunakan untuk transaksi dalam jumlah kecil.
  • Litecoin, merupakan mata uang kripto yang semakin banyak diminati. Litecoin ditemukan pada tahun 2011 dan memungkinkan transaksi yang lebih cepat.
  • BitcoinCash, merupakan salah satu mata uang kripto terbaik yang paling banyak digunakan. BitcoinCash yang ditemukan pada tahun 2017 ini adalah hasil improvisasi Bitcoin, yang diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dari Bitcoin.